Istilah-Istilah Penting Dalam Desain Grafis

Istilah-Istilah Penting Dalam Desain Grafis – Seberapa jauh pengetahuan kamu tentang desain grafis? Bidang yang tengah diminati oleh kaum remaja ini memang mempunyai magnet tersendiri. Terlepas dari banyaknya manfaat dari desain grafis, kamu juga bisa menuangkan seluruh ide kreatif dalam sebuah karya. Tapi tunggu dulu. Apakah kamu sudah tahu berbagai istilah dalam dunia desain grafis?

Sebenarnya ada begitu banyak istilah yang biasa digunakan dalam desain grafis. Sebagai contoh, ada istilah RGB, typography, gradient, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin menjadi seorang desainer grafis, wajib untuk mengetahui istilah tersebut beserta dengan artinya. Daripada penasaran, simak pembahasan di bawah ini.

Ragam Istilah dalam Desain Grafis

RGB

RGB merupakan singkatan dari Red. Green Blue. Istilah ini merujuk pada mode warna yang digunakan dalam desain grafis. RGB mempunyai karakter khusus yaitu digunakan untuk tampilan visual, bukan keperluan cetak. Hal ini disebabkan oleh warnanya yang cerah dan jernih pada layar namun cenderung pudar jika dicetak.

CMYK

Masih berhubungan dengan mode warna, CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Key) merupakan perpaduan warna yang biasa digunakan untuk keperluan cetak. Tidak seperti RGB, CMYK mempunyai warna yang stabil apabila digunakan dalam dunia percetakan.

Typography

Istilah ini mengacu pada tulisan atau huruf yang digunakan dalam dunia desain grafis. Ada banyak sekali pilihan font yang bisa kamu gunakan seperti script dan font Sans Serif untuk typography. Setiap font mempunyai ciri khas tersendiri dan dapat dipilih sesuai dengan keinginan desainer. Meskipun demikian, pemilihan font merupakan faktor penting karena berpengaruh pada keseluruhan desain.

Kerning

Kerning merupakan istilah dalam desain grafis yang menggambarkan jarak antara 2 huruf, karakter, atau tanda baca. Kerning biasa digunakan untuk memudahkan pembaca dalam membaca suatu kata tertentu.

Palette

Istilah palette masih berhubungan dengan warna. Palette mengacu pada sekumpulan warna yang digunakan untuk pembuatan ilustrasi atau desain. Harmonisasi warna biasanya menjadi prioritas utama ketika memilih warna palette. Kamu bisa membaca panduan mendesain untuk mengetahui bagaimana cara memilih warna yang baik.

Opacity

Salah satu istilah yang sering digunakan dalam desain grafis adalah opacity. Yang dimaksud dengan opacity adalah membuat elemen warna pada gambar menjadi transparan. Tingkat opacity yang rendah membuat elemen semakin transparan. Sebaliknya, opacity yang tinggi membuat gambar terlihat solid dan kurang transparan.

Monochrome

Kamu pasti familiar dengan istilah yang satu ini. Monochrome memang tidak hanya digunakan dalam desain grafis tetapi dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini mengacu pada suatu gambar yang mempunyai satu warna saja.

Warm colors

Ketika mengedit foto, tersedia pilihan warm color. Yang dimaksud dengan warm colors antara lain merah, jingga, dan kuning serta kombinasi dari warna tersebut. Alasan mengapa beberapa warna disebut sebagai warm colors adalah karena kesan hangat dan nyaman yang ditimbulkan oleh warna-warna tersebut.

Cool colors

Berlawanan dengan warm colors, cool colors menimbulkan kesan dingin, sejuk, dan tenang. Beberapa warna yang tergolong ke dalam cool colors antara lain biru, hijau, dan ungu.

Knolling

Terakhir, knolling merupakan istilah dalam dunia grafis selanjutnya yang perlu kamu ketahui. Knolling adalah suatu aktivitas menyusun objek yang berbeda sehingga dapat terlihat dari sudut pandang 90 derajat. Teknik ini menggunakan prinsip simetris dan bisa menimbulkan ilusi optik.

Itu tadi artikel tentang Istilah-Istilah Penting Dalam Desain Grafis, jika ada yang masih kurang silahkan tambahkan melalui komentar dibawah.

Tinggalkan komentar