Kalender Juli 2020 Indonesia (Pdf, Jpg, Png)

Kalender Juli 2020 Indonesia (Pdf, Jpg, Png) – Kalender Bulan Juli 2020 yang masih akan digunakan satu tahun lagi ternyata sudah banyak dicari oleh banyak orang. Ya, tidak hanya kalender bulan Juli 2020, biasanya banyak orang yang ingin memastikan akan ada berapa banyak tanggal merah di bulan-bulan tertentu. Dengan begitu, mereka juga akan tahu akan berapa lama mereka memiliki hari libur.

Kalender Juli
Kalender Juli

Membahas mengenai kalender bulan Juli, pada dasarnya terdapat hari raya nan penting yang dirayakan oleh seluruh umat muslim di bulan Juli 2020 yaitu Hari Raya Idul Adha. Biasanya, hari raya idul adha sendiri sering diidentikkan dengan lebaran haji. Ia juga sebagai pengingat mengenai pengorbanan seorang nabi yang rela disembelih demi menjalankan perintah Tuhannya.

Memang tidak ada tanggal berwarna merah lagi di kalender Juli 2020 selain perayaan Hari Raya Idul Adha. Biasanya, banyak orang mulai mempersiapkan hal-hal apa saja yang akan mereka lakukan setelah merayakan hari raya tersebut. Ditambah lagi, Hari Raya Idul Adha tersebut jatuh pada hari Jumat di mana akan ada banyak orang yang memiliki long-weekend.

Tanggal Merah Bulan Juli 2020

Berikut ini adalah Hari Libur Bulan Juli 2020 beserta tanggal merah, hari libur dan cuti bersama.

  • Tidak ada Hari Libur dan Cuti Bersama

Sumber: Hari libur bulan Juli 2020 ini bersumber dari kominfo.go.id

Template Kalender Bulan Juli 2020

Berikut adalah beberapa gambar atau template kalender Juli 2020.

Baca Juga: kalender Agustus 2020

Perayaan Hari Idul Adha

Idul Adha merupakan hari raya di mana seluruh umat muslim merayakannya. Pada dasarnya, Hari Raya Idul Adha dirayakan pada setiap tanggal 10 Dzulhijah yang salah satunya jatuh di kalender Juli. Dzulhijah sendiri merupakan bulan terakhir di tanggalan islam atau pada kalender Hijriah. Hari raya yang satu ini juga dikenal sebagai hari raya kurban.

Hampir sama seperti perayaan Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha juga dirayakan oleh umat muslim dengan memulai salat id terlebih dahulu di pagi hari. Namun, yang membedakan adalah apabila umat muslim dianjurkan untuk makan dan minum terlebih dahulu sebelum melaksanakan salat di Hari Raya Idul Fitri. Namun, pada Hari Raya Idul Adha hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan.

Pada kalender Juli 2020, hari raya kurban berarti akan ada banyak hewan kurban yang disembelih untuk kemudian dibagikan kepada yang berhak mendapatkannya. Biasanya, semua orang ikut merasakan berkah dan rezeki di hari baik ini. Daging hewan kurban baik sapi atau kambing kemudian dibagikan sesuai dengan prosedur yang diberlakukan.

Maka dari itu, sebelum melaksanakan salat ied, ada baiknya seseorang tidak makan atau minum terlebih dahulu, agar bisa sama-sama menikmati daging kurban yang telah disembelih. Bahkan, mereka yang tidak membeli hewan kurban juga bisa ikut merasakan daging kurban yang telah disembelih tersebut.

Baca Juga: Kalender Indonesia 2020
Tanggal Merah Idul Adha yang Selalu Maju

Lalu, mengapa perayaan Hari Raya Idul Adha selalu maju setiap tahunnya? Seperti yang telah kita ketahui bersama kalender Juli 2020, terdapat perbedaan penetapan tanggal pada tahun masehi dan juga hijriah. Hal itu disebabkan karena sistem penanggalan pada tahun atau kalender Hijriah berdasarkan penampakan hilal.

Apa yang dimaksud dengan hilal? Anda pasti sering mendengar istilah tersebut saat pemerintah akan menetapkan 1 Ramadhan untuk mengetahui mulai kapan umat islam akan melakukan ibadah puasa. Begitu juga dengan penetapan tahun hijriah, hilal adalah penampakan bulan sabit tipis ke hilal selanjutnya.

Sistem penetapan tanggal kalender Masehi biasanya digunakan untuk kepentingan semua orang di dunia baik seperti untuk kepentingan administrasi. Hal inilah yang menyebabkan perbedaan penanggalan pada tahun dan kalender hijriah, serta masehi yang mengakibatkan perayaan hari raya milik umat Islam menjadi maju setiap tahunnya.

Dikarenakan perayaannya yang masih setahun ke depan, akan lebih baik jika kita fokus pada hari esok dan kegiatan saat ini yang sedang Anda hadapi. Dengan begitu, secara tidak sadar kita juga sedang menyiapkan sesuatu untuk menyambut hari-hari raya berikutnya, salah satunya yang ada pada kalender Juli 2020.

Tinggalkan komentar