Kalender Oktober 2019 Lengkap (Pdf, Jpg, Png)

Kalender Oktober 2019 Lengkap (Pdf, Jpg, Png) – Tanggal merah atau hari libur pada pada kalender Bulan Oktober 2019 pasti sudah dinantikan banyak orang. Biasanya, seseorang akan mulai mengagendakan suatu acara ketika sudah mengetahui secara pasti hari libur yang akan ia dapatkan. Meskipun masih ada saja pekerja yang tetap masuk pada hari libur tersebut karena kebutuhan perusahaan.

Kalender Oktober
Kalender Oktober

Berbicara mengenai kalender bulan Oktober, ada satu hari dan tanggal penting bagi seluruh umat Islam di dunia. Ya, pada tanggal 29 Oktober 2019, bagi Anda yang menganut agama Islam, akan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Peristiwa bersejarah ini tentu saja perlu diketahui oleh umat muslim untuk kemudian mengingat hari lahirnya Rasulullah SAW.

Biasanya, perayaan Maulid Nabi sama seperti perayaan lain yang berbeda setiap tahunnya. Namun, dikarenakan perbedaan sistem penanggalan pada Hijriah dan Masehi hal tersebut tentu dapat dimaklumi. Berikut beberapa poin penting mengenai hari libur nasional atau Maulid Nabi yang pada tahun 2019 akan jatuh pada kalender Oktober 2019.

Tanggal Merah Bulan Oktober 2019

Berikut ini adalah Hari Libur Bulan Oktober 2019 beserta tanggal merah, hari libur dan cuti bersama.

  • Tidak ada Hari Libur atau cuti bersama

Sumber: Hari libur bulan Oktober 2019 ini bersumber dari kominfo.go.id

Baca Juga: Kalender November 2020

Template Kalender Bulan Oktober 2019

Berikut adalah beberapa gambar atau template kalender Oktober 2019.

Kalender Oktober 2019
Kalender Oktober 2019
src: kalenderpromosi.co.id

Kalender Jawa Oktober 2019
Kalender Jawa Oktober 2019
src: sangpemimpi.club

Kalender Bulan Oktober 2019
Kalender Bulan Oktober 2019
src: kalender2019.jendelajogja.com

Memperingati Maulid Nabi

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW seringkali dilakukan dengan seremonial tertentu di berbagai daerah. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengingatkan kembali umat manusia khususnya umat muslim mengenai perjuangan dan juga akhlak baik sang baginda Nabi. Biasanya, masing-masing daerah atau negara memiliki caranya sendiri dalam merayakan hari kelahiran Sang Nabi.

Adapun sejarah singat Nabi Muhammad dimulai sekitar lebih dari 1300 tahun yang lalu di mana beliau dilahirkan dari pasangan Abdullah dan Siti Aminah. Meski begitu pada jaman dahulu, baik Rasulullah maupun sahabatnya tidak pernah merayakan dan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad itu sendiri. Jadi, sejarah mengenai asal mula perayaan maulid Nabi dapat dibilang masih simpang siur.

Kabarnya, peringatan Maulid Nabi terdapat pada karya Jamaluddin Ibn Al Ma’mun yang menyebutkan bahwa peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad atau Maulid Nabi jatuh pada tanggal 13 Rabiul Awal. Dahulu kala, khalifah Dinasti Fatimiyah selalu merayakannya dengan membagikan makanan dan juga uang dirham.

Perayaan Maulid Nabi tersebut tak lain dan tak bukan adalah untuk menumbuhkan rasa cinta dan juga sayang pada Baginda Rasulullah SAW. Agar sebagai umatnya, manusia senantiasa meneladani ajaran dan juga akhlak-akhlak baik yang sudah senantiasa beliau ajarkan. Selain itu, perayaan tersebut juga diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan beragama pada umatnya.

Baca Juga: Kalender Indonesia 2020
Tips Memaknai Hari Maulid Nabi

Memaknai Maulid Nabi yang nantinya jatuh di salah satu hari di kalender Oktober 2019 sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan berusaha meneladani apa yang sudah dicontohkan Nabi Muhammad SAW dalam berperilaku dan juga bertutur kata. Selain itu, caranya memperlakukan sesama juga patut untuk Anda teladani.

Tidak berlebihan dalam melakukan sesuatu dan juga berbicara merupakan salah satu upaya teladan dalam memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, upayakanlah membicarakan sesuatu yang bermanfaat dibandingkan mengucapkan sesuatu yang hanya membawa mudharat. Jangan lupa memperbanyak salawat agar rasa cinta kepada Nabi semakin tumbuh seiring berjalannya waktu.

Memaknai Maulid Nabi sama artinya dengan kita selalu mengingat kembali perjuangan membela Islam yang telah beliau dan sahabat-sahabatnya lakukan, bagaimana caranya bertoleransi, bagaimana caranya memperlakukan sesama makhluk-Nya dan hal-hal lebih sederhana lainnya.

Maulid Nabi Muhammad SAW tentunya diharapkan dapat membuat umat manusia terutama umat muslin tergugah akan ikhtiar yang seharusnya dilakukan demi mengamalkan ajaran dan juga akhlak sang baginda Nabi. Untuk itu, hari bersejarah yang tercatat salah satunya pada kalender Oktober 2019 tersebut diharapkan dapat mengingatkan kembali kita mengenai perjuangan yang dilakukan semasa hidup beliau.

Tinggalkan komentar