Pengertian BMP Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian BMP Beserta Kelebihan dan Kekurangan
beri rating artikel ini

BMP atau biasa juga dikenal sebagai bitmap mungkin adalah tipe file yang sudah kerap kamu dengar. Namun, apakah kamu benar-benar tahu pengertian format file BMP? Bitmap bias digunakan pada Windows. Menawarkan berbagai kelebihan, format yang satu ini masih bertahan hingga saat ini. Simak pembahasan berikut mengenai pengertian, kekurangan, serta kelebihan format BMP.

pengertian BMP

1Apa itu BMP ?

Secara umum, bitmap bisa diartikan sebagai format gambar yang terdiri dari kumpulan bit. Gambar tersebut mengandung satuan pixel dengan warna yang berbeda. Jumlah pixel mempengaruhi kualitas gambar. Semakin banyak jumlah pixel pada suatu gambar, semakin tinggi kualitas gambar tersebut. Secara kasat mata, kamu bisa melihat gambar yang terlihat realistik dan halus.

Format bitmap memungkinkan kamu untuk menyimpan dengan berbagai format lainnya seperti EPS, GIF, JPEG, maupun TIFF. Berdasarkan pengertian format file EPS, tipe file ini cukup fleksibel untuk diisi gambar vektor atau bitmap. Selain itu, BMP juga bisa disimpan sebagai file JPEG. Seperti yang kamu ketahui, pengertian format file JPEG mengacu pada format gambar dengan kualitas yang cukup baik.

Tahukah kamu? Gambar atau objek dengan tipe bitmap terdiri dari beberapa jenis seperti line art, grayscale image, multitones, serta full color images. Line art merupakan tipe gambar yang terdiri dari 2 warna. Line art yang menggunakan warna hitam dan putih menggunakan 1 bit saja yaitu untuk warna hitam karena warna putih merupakan latar dari gambar tersebut.

Sementara itu, grayscale merupakan gambar bitmap dengan warna abu-abu. Lain halnya dengan multitones, jenis bitmap yang satu ini mempunyai 2 warna atau lebih. Multitone biasanya mempunyai perpaduan warna hitam dengan warna khusus. Yang terakhir, full color image merupakan tipe gambar bitmap yang paling realistis karena menggunakan berbagai warna dari mode CMYK, RGB maupun Lab.

2Kekurangan File BMP

Perlu kamu ketahui, format file BMP mempunyai kekurangan. Pertama, format ini mempunyai ukuran yang cukup besar. Contohnya, gambar berukuran A4 yang menggunakan mode warna CMYK mempunyai ukuran file 40 MB dengan kualitas menengah. Ukuran ini cukup besar apalagi jika kamu mempunyai banyak file dengan format BMP untuk disimpan pada perangkat.

Kompresi memang bisa menjadi solusi untuk mengecilkan ukuran file. Meskipun demikian, kamu harus siap menerima konsekuensi kualitas gambar yang menurun. Gambar akan terlihat pecah apabila diperbesar beberapa kali. Selain itu, objek dengan resolusi rendah juga cenderung kurang detail saat dicetak.

3Kelebihan Format File BMP

Format file yang biasa digunakan untuk Windows ini mempunyai sejumlah kelebihan. Bitmap dapat diakses oleh hampir semua program untuk mengolah gambar, baik file yang telah terkompresi maupun yang belum. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kamu juga bisa menambahkan efek khusus sehingga tampilan objek menjadi lebih menarik.

Berangkat dari pengertian format file BMP, kelebihan lain yang ditawarkan oleh bitmap adalah kemampuan untuk menghasilkan objek bitmap dari gambar vektor secara mudah. Hasil yang didapatkan juga tidak kalah bagus. Dalam hal pencetakan, format bitmap terbilang simpel selama mesin pencetakan mempunyai memori yang cukup.

Format file bitmap juga mudah untuk dimodifikasi melalui berbagai program. Ada ratusan program yang bisa kamu gunakan untuk membuat atau sekedar memodifikasi objek dengan format bitmap. Sebagai contoh, Adobe Photoshop dan Corel Photo Paint menjadi program yang paling banyak dipilih oleh perancang grafis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here