Pengertian CMYK Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian CMYK Beserta Kelebihan dan Kekurangan
5 (100%) 1 vote

Apa itu CMYK? Kamu pasti pernah mendengar istilah CMYK, bukan? Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut? Meskipun terkesan familiar, tidak banyak orang yang mengerti pengertian CMYK yang sebenarnya. Istilah ini banyak digunakan dalam dunia grafis sehingga seorang desainer grafis wajib untuk mengetahui seluk beluk CMYK untuk mendapatkan hasil desain yang baik.

pengertian cmyk
pengertian cmyk

Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah menganggap bahwa CMYK sama dengan RGB. Padahal kedua mode warna tersebut merupakan dua hal yang berbeda. Selain mempunyai pengertian yang tidak sama, keduanya juga digunakan untuk tujuan yang berbeda pula. Simak pembahasan lebih lanjut tentang CMYK beserta kekurangan dan kelebihannya berikut ini.

1Apa itu CMYK ?


Pada dasarnya CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black) merupakan model warna yang biasa digunakan dalam dunia printing maupun percetakan. Dalam pencampuran warna tersebut, dibutuhkan komposisi yang tepat agar hasil warna bisa akurat ketika telah memasuki proses pencetakan baik pada bidang putih maupun bidang berwarna.

Model warna CMYK juga dikenal sebagai warna yang menggunakan pencahayaan reflektif dan subtraktif. Hal ini membuat warna yang dihasilkan cenderung lebih kusam atau berwarna agak kecoklatan. Dengan menggunakan CMYK, proses pencetakan warna hitam juga menjadi lebih mudah karena tidak membutuhkan 3 warna terpisah.

baca lebih banyak informasi tentang desain di kurnio.com

Lalu mengapa harus CMYK, mengapa bukan CMY?
Hal itu dikarenakan penumpukan ketiga warna tanpa black atau hitam hanya memantulkan sedikit cahaya. Oleh karena itu, dalam proses percetakan ditambahkan warna black sebagai warna ke-4 agar reproduksi warna dapat menghasilkan kepekatan warna yang diinginkan.

2Perbedaan CMYK dan RGB

Sementara itu, RGB merujuk pada model warna yang biasa digunakan untuk layar suatu perangkat seperti televisi, komputer, maupun smartphone. Lalu apa yang menjadi perbedaan CMYK dan RGB? Perbedaan yang paling mendasar pada kedua model warna tersebut terletak pada fungsi. CMYK biasa digunakan untuk percetakan sedangkan RGB digunakan untuk tampilan layar.

Perbedaan lain yang perlu kamu ketahui dari CMYK dan RGB adalah apabila semua warna dicampurkan. Ketika RGB dicampur menjadi satu, maka akan menghasilkan warna putih terang. Hal ini berlawanan dengan model warna CMYK. Apabila kamu mencampur semua warna menjadi satu, maka akan dihasilkan warna hitam pekat.

Ketika suatu karya desain dibuat dengan format RGB, maka karya tersebut harus dikonversi menjadi CMYK. Apakah kamu tahu sebabnya? Hal ini dikarenakan mode RGB cenderung menghasilkan warna yang berantakan, apalagi jika desainer tidak mengetahui perbedaan antara CMYK dan RGB. Alhasil, cetakan yang dihasilkan mempunyai warna yang berbeda karena mesin cetak menggunakan mode CMYK.

3Kekurangan CMYK

Sebagai model warna yang banyak dipakai pada industri desain grafis dan percetakan, CMYK mempunyai kekurangan yang perlu kamu ketahui. Pertama, warna CMYK cenderung kurang terang dan jelas. Hal ini dikarenakan CMYK diperoleh dari proses refleksi. Selain itu, penggunaan warna CMYK juga dikenal memakan biaya yang cukup tinggi.

4Kelebihan CMYK

Bagaimana dengan kelebihan CMYK? Meskipun mempunyai kekurangan, nyatanya warna CMYK juga menawarkan berbagai kelebihan. Pertama, warna ini diketahui mudah untuk dibentuk kembali apabila diperlukan. Selain itu, mode warna ini sangat cocok digunakan untuk percetakan karena mempunyai kapasitas yang besar sehingga biasa digunakan sebagai mode warna untuk kalibrasi mesin cetak.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh CMYK adalah warna yang lebih jernih apabila pencetakan dilakukan pada kertas berwarna biru atau putih. Namun jika kamu memakai kertas dengan warna putih krem, maka warna yang dihasilkan cenderung lebih lembut.

Setelah mengetahui pengertian CMYK, kini kamu tidak perlu lagi merasa kebingungan untuk membedakan antara CMYK dan RGB. Meskipun kedua mode tersebut mempresentasikan warna, keduanya digunakan untuk tujuan yang berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here