Pengertian Desain Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian Desain Menurut Para Ahli (Lengkap)
5 (100%) 2 votes

Kamu sering mendengar atau bahkan menggunakan istilah desain? Apakah kamu sudah tahu pengertian desain menurut ahli yang sesungguhnya? Pada dasarnya definisi desain cukup beragam. Beberapa ahli desain mempunyai pengertian yang berbeda perihal istilah yang satu ini. Seiring berkembangnya waktu, definisi desain juga semakin berkembang.

pengertian desain

Pengertian Desain Menurut Ahli

Teknologi semakin berkembang, termasuk dalam dunia desain grafis. Ada begitu banyak penemuan seperti format-format desain yang berbeda. Sebut saja bitmap graphic dan vector graphic yang merupakan format gambar dengan keunggulan serta kekurangan tersendiri. Terlepas dari perkembangan dalam bidang desain, bagaimana para ahli mendefinisikan desain?

1M. Asimow (1962)

Definisi desain yang pertama datang dari M. Asimow. Desain diartikan sebagai suatu rangkaian pengambilan keputusan dalam ketidakpastian yang menimbulkan resiko tinggi apabila terjadi kekeliruan. Dari pengertian tersebut, dapat dimaknai bahwa desain merupakan proses yang membutuhkan pengambilan keputusan dari desainer. Pengambilan keputusan ini dibarengi dengan resiko yang tinggi.

2Christoper Alexander (1963)

Pada tahun berikutnya, seorang ahli bernama Christoper Alexander mencetuskan definisi desain. Menurut Alexander, desain merupakan suatu kegiatan untuk menemukan komponen yang kemudian dirangkai menjadi sebuah struktur. Lebih dalam lagi, kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa hal yang perlu dieksplorasi meliputi komponen dan sistem.
Dalam dunia desain grafis, ada berbagai komponen yang perlu diperhatikan seperti bentuk, garis, warna, materi, gambar, tipografi, dan lain sebagainya. Sementara itu, sistem merujuk pada skala, teknik, proporsi, keseimbangan, irama, layout, dan masih banyak lagi.

3P.J. Booker (1964)

Seorang ahli dari Inggris bernama P.J. Booker juga mengemukakan pendapat mengenai definisi desain. Istilah ini merujuk pada simulasi tentang apa yang ingin diciptakan sebelum melakukan keinginan tersebut demi mendapatkan hasil terbaik. Dari definisi ini, kamu bisa menyimpulkan bahwa desain merupakan sebuah proses di mana kamu melakukan simulasi berulang-ulang sebelum mendapatkan hasil.

4J.B. Reswick (1965)

Merupakan seorang ahli yang berasal dari Amerika Serikat, J.B. turut mencetuskan pendapatnya mengenai pengertian desain. Menurut Reswick, desain adalah suatu aktivitas kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang belum ada sebelumnya. Dari definisi ini, kamu bisa mengetahui bahwa desain membutuhkan pemikiran dan ide-ide kreatif untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Hal ini selaras dengan berbagai inovasi dalam dunia desain, terutama desain grafis. Sebagai contoh, vektor dan bitmap merupakan inovasi baru yang belum ada pada masa-masa sebelumnya. Perbedaan vektor dan bitmap juga menjadi bukti bahwa desain membutuhkan ide kreatif dan inovatif.

5J.K. Page (1966)

J.K. Page merupakan seorang ahli yang berasal dari Inggris. Page mengungkapkan pendapatnya mengenai definisi desain pada tahun 1966. Menurutnya, desain merupakan lompatan imajinatif dari fakta masa kini menuju kemungkinan-kemungkinan di masa depan. Hampir serupa dengan pendapat Reswick, definisi ini juga mengacu pada adanya inovasi untuk memunculkan sesuatu yang belum pernah ada.

Lebih dalam lagi, Page berfokus pada kata imajinatif yang bisa dimaknai bahwa desain merupakan suatu proses yang membutuhkan proses berpikir tidak hanya kreatif tetapi juga imajinatif. Pendapat Page ini menekankan aspek visioner untuk dimiliki oleh para desainer.

6E. Matchett (1968)

Definisi desain yang selanjutnya dikemukakan oleh E. Matchett pada tahun 1968. Menurut Matchett, desain merupakan solusi optimal atas kebutuhan nyata dari suatu keadaan. Hal ini merujuk pada pemecahan masalah, yang mana seorang desainer harus mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sebuah karya yang baik merupakan solusi dari kebutuhan pada masa itu daripada pemenuhan keinginan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here