Pengertian Doodle Art dan Macamnya [Lengkap]

Pengertian Doodle Art dan Macamnya [Lengkap]
beri rating artikel ini

Apakah Kamu tahu apa itu doodle art? Remaja milenial pasti tidak asing dengan karya seni yang satu ini. Doodle mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan karya seni lain, yaitu coretan bebas namun memiliki makna khusus. Karena teknik pembuatannya yang cukup unik, tidak heran jika doodle banyak digemari oleh kaum milenial. Tapi, apakah kamu tahu pengertian doodle art?

Di sini, kamu tidak hanya akan mengetahui lebih jauh mengenai makna doodle art. Kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai macam dan jenis doodle art yang ada. Jadi untuk kamu yang tertarik mendalami karya seni yang satu ini, jangan lewatkan pembahasan menarik mengenai doodle art beserta seluk beluknya.

pengertian doodle art

Pengertian Doodle Art dan Macam Doodle Art

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan doodle art? Menurut pengertiannya, doodle merupakan suatu karya seni tidak beraturan yang dibuat dengan teknik mencoret namun memiliki makna. Doodle digunakan sebagai media untuk menuangkan perasaan si pembuat doodle dengan cara yang unik dan menarik.

Berdasarkan pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa doodle adalah bentuk luapan ekspresi yang dituangkan sesuai dengan imajinasi si pembuat tanpa membutuhkan konsep khusus. Istilah doodle sendiri tercatat muncul sejak abad ke 17 yang bermakna bodoh. Beberapa pendapat juga mengatakan bahwa doodle terinspirasi dari coretan dan gambar yang terdapat pada gua peninggalan zaman pra sejarah.

Pada dasarnya tidak sulit untuk membuat karya doodle. Hanya dengan menuangkan imajinasi dalam bentuk coretan, kamu bisa membuat doodle versi kamu sendiri. Apalagi jika kamu mempunyai bakat menggambar, doodle yang kamu hasilkan bisa terlihat begitu unik, alami dan otentik. Karena doodle tidak mempunyai aturan khusus seperti prinsip desain grafis, kamu bebas berekspresi.

Hingga saat ini, terdapat banyak komunitas pecinta doodle. Di Indonesia, ada Full Of Doodle Art Indonesia atau FODAI yang menjadi wadah bagi para pecinta doodle art. FODA sendiri merupakan sebuah komunitas yang juga hadir di berbagai negara lain. Dalam komunitas ini, pecinta doodle bisa bebas mengekspresikan diri dalam bentuk karya seni bebas.

Untuk membuat doodle, kamu tidak harus menggunakan software desain grafis. Hanya bermodalkan secarik kertas, kamu bisa menciptakan hasil karya doodle yang mempunyai nilai seni tinggi. Namun jika kamu ingin mengubahnya menjadi bentuk digital, maka software bisa membantu untuk mewujudkan keinginanmu.

Macam-Macam Doodle Art

Terkait jenis doodle art, ada beberapa macam doodle yang perlu kamu ketahui. Apa saja macam-macam doodle tersebut?

1Doodle fantasy

Doodle fantasy merupakan jenis doodle yang hampir menyerupai ilustrasi karakter novel. Kamu bisa membuat coretan bebas dengan bentuk karakter hingga membentuk karakter fiktif yang sering dijumpai dalam buku novel.

2Doodle graffiti

Jenis doodle yang satu ini identik dengan karakternya yang memenuhi hampir seluruh permukaan kertas. Sesuai dengan pengertian doodle art, kamu hanya perlu membuat coretan bebas yang membentuk graffiti. Doodle graffiti biasanya berbentuk tulisan dengan sedikit campuran gambar karakter.

3Doodle bunga

Kamu juga bisa menggambar doodle dengan tema bunga. Tentunya gambar bunga tersebut masih mengusung ciri khas doodle, yaitu gambar bertumpuk dan memenuhi hampir seluruh permukaan media.

4Doodle animasi

Jenis doodle animasi paling diminati oleh kaum milenial. Mengusung konsep karakter animasi yang lucu dan unik, jenis doodle ini terlihat begitu menarik untuk dilihat. Kamu juga bisa menggambar animasi hewan atau manusia untuk mendapatkan gambar doodle yang menggemaskan.

5Doodle pattern

Sesuai dengan namanya, doodle ini berfokus pada menggambar berbagai jenis pola dalam satu media kertas. Pola-pola tersebut digambar dengan susunan yang rapi dan teratur. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan lukisan doodle art yang mempunyai nilai seni tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here