Pengertian GIF Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian GIF Beserta Kelebihan dan Kekurangan
beri rating artikel ini

Siapa yang tak kenal dengan format file yang satu ini? GIF dianggap sebagai jenis format berkas yang paling menarik karena mampu mendukung animasi. Beberapa tahun lalu, format GIF sempat populer di kalangan anak muda yang belum memiliki smartphone seperti saat ini karena ada begitu banyak konten animasi menarik dengan format GIF. Lalu, apa pengertian format file GIF yang sebenarnya?

pengertian GIF

1Apa itu GIF ?

GIF (Graphics Interchange Format) merupakan salah satu jenis format gambar bitmap yang mendukung hingga 8 bits per pixel untuk setiap gambar. Tipe file ini memungkinkan kamu untuk memberikan penambahan warna transparan. Yang paling menarik dari GIF adalah kemampuannya untuk membuat animasi meskipun masih dalam tingkatan yang sangat sederhana.

Saat ini, format file GIF mampu mendukung hingga 256 warna RGB 24 bit. Karena keterbatasannya, format ini kurang mendukung untuk digunakan dalam dunia percetakan dan fotografi. Meskipun demikian, GIF tetap bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti desain grafis maupun pembuatan logo dengan pilihan warna solid.

Gambar yang menggunakan format GIF biasanya melalui proses kompresi untuk menurunkan ukuran file. Yang mengejutkan adalah proses kompresi ini tidak membuat kualitas gambar menurun. Fitur ini dikenal sebagai teknik lossless compression. Tahukah kamu? Teknik kompresi pada GIF ini dipatenkan pada tahun 1985 dan sempat menimbulkan kontroversi antara beberapa perusahaan.

Mengingat kualitasnya yang kurang baik, mungkin kamu bertanya-tanya mengenai tujuan GIF itu sendiri. Format file GIF nyatanya masih cukup sesuai digunakan untuk berbagai keperluan. Sebut saja dalam pembuatan logo dengan pilihan warna terbatas. Selain itu, GIF juga bisa digunakan untuk menyimpan data untuk games dan animasi sederhana yang mempunyai resolusi rendah.

2Kekurangan File GIF

Berbicara mengenai kekurangan, sangat disayangkan GIF mempunyai berbagai kekurangan apalagi untuk penggunaan zaman sekarang. Format file GIF tidak cocok digunakan untuk dunia fotografi modern karena mempunyai resolusi yang relatif rendah. Selain itu, penyimpanan data pada gambar juga terbatas sehingga mempengaruhi ukuran serta kualitas gambar tersebut secara keseluruhan.

Beberapa orang terkadang membandingkan pengertian format GIF dengan pengertian format file JPG. Dilihat dari segi ukuran, keduanya sudah mempunyai perbedaan yang cukup jelas. Gambar dengan format GIF mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada JPG. Tentu saja hal ini menjadi masalah yang cukup besar untuk dunia desain grafis pada saat ini.

3Kekurangan Format File GIF

Tidak perlu berkecil hati jika kamu termasuk pencinta format GIF. Di balik kekurangan yang dimiliki, format berkas GIF juga mempunyai beberapa kelebihan. Sebut saja kemampuan GIF untuk membuat animasi gambar. Keunggulan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri karena tidak dimiliki oleh format lainnya. Sebut saja pengertian format file JPEG yang tidak mendukung animasi sederhana.

Di samping itu, format GIF juga mendukung hingga 256 warna RGB 24 bit sehingga menghasilkan warna yang cukup baik. Belum lagi dengan fitur lossless compression yang memungkinkan kamu untuk melakukan kompresi tanpa menurunkan kualitas gambar secara keseluruhan. Fitur ini jarang didapatkan pada format gambar lainnya.

Berdasarkan pengertian format file GIF, yang menjadi kelebihan lain daripada format ini adalah kemampuannya untuk membuat logo dengan baik. Daerah pada logo bisa terdefinisi dengan baik. Kamu juga bisa membuat ikon menggunakan beberapa warna dengan format yang satu ini. Terakhir, format file GIF juga mendukung transparansi pada gambar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here