Pengertian JPEG Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian JPEG Beserta Kelebihan dan Kekurangan
beri rating artikel ini

Jika harus menyebutkan nama sebuah format file, apa yang pertama muncul dalam pikiran kamu? Format file yang pertama terlintas dalam pikiran banyak orang pastilah JPEG. Tidak heran karena format berkas yang satu ini memang paling sering digunakan di sekitar kita. Sayangnya hanya sedikit orang yang benar-benar tahu pengertian format file JPEG beserta karakteristiknya.

pengertian JPEG

Format JPEG biasa juga disebut sebagai JPG. Keduanya memang sering digunakan sebagai format gambar untuk berbagai kebutuhan seperti penyimpanan berkas foto maupun keperluan internet. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan JPEG? Apa pula kelebihan serta kekurangannya jika dibandingkan dengan format file lainnya? Simak penjelasan lengkap berikut ini.

1Apa itu JPEG ?

Pada dasarnya JPEG merupakan salah satu tipe file bitmap yang memungkinkan kamu untuk menyimpan berkas digital dengan ukuran yang lebih kecil sehingga praktis dan hemat ruang. JPEG pertama kali dikembangkan pada tahun 1980 dan menjadi format file yang paling sering digunakan hingga saat ini. Mulai dari level amatir hingga profesional, JPEG mampu memberikan kemudahan untuk akses berkas digital.

JPEG (Joint Photographic Experts Group) mempunyai makna yang hampir sama dengan pengertian format file JPG. Keduanya pun mempunyai kekurangan dan kelebihan yang serupa. JPEG mendukung proses kompresi sehingga memudahkan kamu untuk mengecilkan ukuran suatu objek gambar. Meskipun demikian, kamu harus rela mengorbankan kualitas gambar demi ukuran yang lebih ringkas.

Karena kemampuannya untuk mengkompresi gambar dengan rasio yang sangat besar, JPEG banyak digunakan untuk melakukan kompresi pada gambar diam dengan analisis DCT (Discrete Cosine Transform). Semakin tinggi tingkat kompresi, semakin menurun pula kualitas yang dimiliki oleh gambar tersebut.

Berbicara mengenai dukungan kompresi pada JPEG, hal ini tentunya mengingatkan kamu pada pengertian format file RAW. Format yang satu ini dikenal sebagai tipe berkas yang masih mentah dan belum mengalami proses pengolahan dalam bentuk apapun, termasuk kompresi. Tidak seperti JPEG, format RAW memiliki ukuran file yang jauh lebih besar namun memiliki gambar berkualitas.

2Kekurangan File JPEG

Dalam penggunaannya, format JPEG mempunyai beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan. Hal ini berkaitan dengan dukungan kompresi yang dimiliki. Pada satu sisi, fitur ini menawarkan kemudahan untuk menyimpan data dalam jumlah yang cukup banyak. Namun di sisi lainnya, hal ini juga menjadi kekurangan yang dimiliki oleh file JPEG.

Tidak seperti GIF yang menawarkan dukungan lossless compression, JPEG mengorbankan kualitas gambar ketika melakukan kompresi. Oleh karena itu, jangan berharap lebih pada kualitas gambar JPEG terlebih lagi jika kamu melakukan kompresi yang tinggi.

3Kelebihan Format File JPEG

Bukan tanpa alasan JPEG menjadi salah satu format file yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Tipe berkas yang satu ini menawarkan berbagai macam keunggulan. Pertama, JPEG merupakan format yang paling tepat untuk digunakan pada gambar-gambar yang memiliki kualitas fotografi. Hal ini dikarenakan JPEG mempunyai tingkat kecerahan dan kejernihan yang cukup baik.

Selain kompresi, format JPEG juga memungkinkan untuk melakukan dekompresi secara perlahan mulai dari tampilan kasar hingga tampilan dengan detail tinggi. Kamu juga bisa menyimpan video digital dalam format JPEG dengan menggunakan M-JPEG.

Terakhir dari pembahasan pengertian format file JPEG serta kelebihannya, format yang satu ini bisa diakses pada hampir semua program komputer dengan berbagai sistem operasi. Kamu juga dapat mengakses format ini pada beragam jenis software.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here