Pengertian JPG Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian JPG Beserta Kelebihan dan Kekurangan
beri rating artikel ini

Siapa tak kenal JPG? Format file yang satu ini sangat dekat dengan keseharian kita. Berbagai file gambar dan foto biasanya di simpan menggunakan format JPG. Wajar saja karena JPG memang dikenal sebagai format yang sederhana, ringan, serta menawarkan kualitas yang baik. Tahukah kamu pengertian format file JPG? Simak pembahasan lebih lanjut mengenai kekurangan dan kelebihan JPG di bawah ini.

pengertian JPG

1Pengertian Format File JPG

Secara istilah, JPG yang merupakan singkatan dari Joint Photographic Group adalah format yang mampu menampilkan gambar dengan kedalaman warna 24-bit. Biasa juga disebut sebagai JPEG, format ini merupakan format yang paling banyak digunakan dalam dunia fotografi dan digital karena berbagai keunggulan yang ditawarkan. Bahkan fotografer profesional menggunakan format yang satu ini.

Baca juga : safelinkblogger.com

Dibandingkan dengan pengertian format file RAW yang merujuk pada format file berukuran besar, JPG dianggap lebih praktis. Hal ini disebabkan oleh proses kompresi yang dilakukan oleh format JPG sehingga menghasilkan gambar dengan ukuran file yang tidak begitu besar. Karena alasan ini, JPG paling banyak digunakan pada berbagai perangkat kamera.
JPG melakukan kompresi dengan cara mengurangi bagian-bagian dari gambar sehingga mengurangi pixel. Oleh karena itu, gambar dengan format JPG cenderung pecah apabila diperbesar. Lain halnya dengan pengertian format file GIF yang mempunyai fitur lossless compression sehingga kualitas gambar bisa dipertahankan meskipun dikompresi.

Hingga saat ini, format JPG paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Sebut saja pada web browser maupun software pengolah gambar, JPG sering ditemukan karena memang dianggap sebagai format yang paling praktis dan mumpuni. Format ini juga bisa dikompresi dengan rasio mulai dari 2:1 hingga 100:1 sesuai dengan kebutuhan.

2Kekurangan File JPG

Banyaknya penggunaan JPG dalam kehidupan sehari-hari tidak menandakan bahwa format file yang satu ini tidak mempunyai kekurangan. Gambar dengan format JPG tidak mendukung tansparansi. Hal ini cukup menyulitkan untuk melakukan proses olah digital menggunakan software pengolah gambar.

Ketika gambar JPG dikompresi, kamu juga akan menemukan bahwa kualitas gambar akan menurun secara drastis. Karena hal ini, format JPG kurang cocok untuk keperluan percetakan karena akan menimbulkan degradasi kualitas gambar cetakan. Untuk mode preview, kamu juga akan melihat gambar yang terlihat pecah apabila diperbesar.

3Kelebihan Format File JPG

Beralih menuju kelebihan JPG, format file yang satu ini mempunyai banyak kelebihan sehingga banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Pertama, gambar JPG mempunyai ukuran yang relatif kecil sehingga memudahkan untuk proses transfer dan penyimpanan. Kamu tidak perlu khawatir dengan memori penyimpanan yang cepat penuh karena JPG termasuk hemat tempat.

Karena ukurannya yang kecil, hal ini memudahkan untuk pemrosesan gambar pada berbagai perangkat. Kamu tidak perlu menunggu lama untuk memproses gambar seperti halnya format RAW. Untuk keperluan edit, kamu juga dapat melakukan berbagai pengaturan sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, format JPG juga memberikan kemudahan untuk mengimport gambar ke berbagai software seperti Ms. Office maupun software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. Dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak heran jika format yang satu ini masih menduduki peringkat atas untuk penggunaan oleh masyarakat.

Sebagaimana pengertian format file JPG, kamu bisa mendapatkan gambar berkualitas cukup baik dengan kapasitas file yang tidak begitu besar. Dibandingkan dengan format lainnya seperti GIF dan PNG, JPG terbilang mampu bersaing apalagi dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan untuk beragam keperluan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here