Pengertian PNG Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian PNG – Apa itu PNG ? Portable Network Graphics atau biasa disebut sebagai PNG adalah salah satu tipe file yang digunakan untuk format gambar. Beberapa kabar menyebutkan bahwa format yang satu ini diciptakan untuk menggantikan format GIF yang cukup kontroversial. Apa yang membuatnya lebih baik daripada GIF? Simak pembahasan berikut mengenai pengertian PNG beserta kekurangan dan kelebihannya.

pengertian PNG

APA ITU PNG ?

PNG (Portable Network Graphics) adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (metode lossless compression). Dengan metode ini, kamu bisa mendapatkan data dengan ukuran file yang tidak terlalu besar namun kualitas tetap baik. Sejak pertama kali diluncurkan, PNG memang diperkenalkan sebagai pengganti format GIF.

Apa kelebihan dari PNG jika dibandingkan dengan tipe GIF? Secara umum, PNG menawarkan beberapa keuntungan yang tidak dimiliki oleh GIF. Sebagai contoh, format PNG memungkinkan kamu untuk menyimpan informasi alpha channel serta gamma. Format ini juga mempunyai fitur progressive display yang tidak bisa kamu temukan pada format GIF (baca lebih lengkap tentang pengertian GIF).

Terlebih lagi, PNG juga mendukung warna yang lebih baik ketika dilakukan pencetakan pada kertas. Ini disebabkan oleh dukungan PNG untuk menampilan gambar 24 bit dengan warna-warna yang solid pada media online. Hasil cetakan objek dengan format PNG lebih baik daripada GIF.

Meskipun mempunyai beragam perbedaan, PNG dan GIF mempunyai beberapa persamaan. Sebut saja fitur lossless compression yang mendukung penurunan ukuran file data tanpa mengurangi kualitas gambar. Kemudahan ini membuat PNG dan GIF bisa digunakan untuk dokumen online. Selain itu, PNG juga mendukung transparansi gambar seperti yang bisa kamu dapatkan pada GIF.

Karena PNG merupakan format yang biasa digunakan untuk objek gambar, tipe ini juga sering dibandingkan dengan JPG atau JPEG. Berdasarkan pengertian JPG yang juga mempunyai fitur kompresi, PNG bisa dibilang lebih unggul dengan lossless compression. Hal ini dikarenakan JPG cenderung mengurangi kualitas gambar ketika melakukan kompresi.

KEKURANGAN FILE PNG

Jika dibandingkan dengan JPG atau JPEG, format PNG merupakan tipe berkas yang kurang populer. Hal ini membuat format PNG jarang digunakan untuk berbagai keperluan. Selain itu, PNG juga tidak mendukung penyimpanan multi-gambar untuk membuat animasi gerak seperti GIF. Format ini masih digunakan untuk foto maupun logo 2 dimensi saja.
Tahukah kamu? Pada dokumen InDesign, warna yang digunakan pada PNG biasanya akan diidentifikasi sebagai gambar RGB bitmap. Karena hal ini, kamu tidak bisa mencetak objek sebagai gambar separasi namun gambar komposit.

Artikel Terkait: Kekurangan File RAW

KELEBIHAN FORMAT FILE PNG

Kekurangan PNG tidak membuktikan bahwa format yang satu ini tidak layak untuk digunakan. Ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh PNG. Selain fitur lossless compression sebagai andalan, PNG juga mempunyai dukungan dari berbagai software editing serta web browser. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mengakses PNG melalui program-program yang kamu miliki.

Selain itu, PNG juga mendukung metadata serta warna profil. Metadata sendiri merupakan informasi yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan suatu data tertentu. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh format PNG adalah dukungan 3 mode warna yaitu greyscale, paletted, serta truecolor. PNG juga merupakan format yang terbuka serta gratis dan efisien.

Pada dasarnya, PNG bukanlah format yang benar-benar baru. Berdasarkan pengertian PNG, tipe berkas yang satu ini merupakan generasi revisi dari GIF yang menawarkan kualitas objek lebih baik. Oleh karena itu, tidak heran jika format PNG memiliki beberapa persamaan dengan format pendahulunya seperti transparansi gambar serta lossless compression.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *