Pengertian PSD Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian PSD Beserta Kelebihan dan Kekurangan
5 (100%) 2 votes

Ketika berbicara mengenai format file, ada begitu banyak jenis yang bisa kamu jumpai. Setiap program pada komputer biasanya mempunyai format tersendiri, salah satunya adalah program Photoshop yang mempunyai format file PSD. Tahukah kamu pengertian PSD? Meskipun sudah sering menggunakan program yang satu ini, bisa jadi kamu belum mengenal format file dokumen tersebut.

pengertian psd

Adobe Photoshop sendiri merupakan sebuah software keluaran Adobe System yang biasa digunakan untuk mengedit foto atau gambar serta memberikan efek manipulasi. Anak muda biasanya sering memanfaatkan program yang satu ini untuk membuat hasil jepretan menjadi lebih mantab. Untuk melengkapi hobi kamu mengedit foto di Photoshop, mari mengenal lebih dekat tentang PSD.

Apa itu PSD ?

Secara umum, format file PSD adalah format asli dokumen yang dihasilkan oleh Adobe Photoshop. Format ini mampu menyimpan berbagai informasi tentang gambar, termasuk layer dan alpha channel. Dengan demikian, kamu bisa mengakses kembali gambar yang sudah dimanipulasi kemudian melakukan editing lebih lanjut. Dengan kata lain, PSD mendukung semua fitur canggih yang kamu dapatkan di Photoshop.
Apapun jenis file awal yang kamu gunakan, program Photoshop akan mengubahnya menjadi PSD sehingga dapat mengoptimalkan kinerja program ini. File PSD juga mampu menyimpan berbagai informasi termasuk mask, opacity, teks, dan lain sebagainya. Dibandingkan dengan kegunaan Corel Draw, Photoshop memang mampu mengakomodasi lebih banyak fitur canggih untuk proses editing foto.

Adobe Photoshop memudahkan kamu untuk mengubah warna maupun membuat layer pada foto yang kamu inginkan. Singkatnya, Photoshop lebih praktis digunakan untuk proses manipulasi foto. Meskipun demikian, program ini juga mampu membaca serta menulis gambar dengan format vektor seperti halnya Corel Draw.

Kekurangan File PSD

Sebagai salah satu format file terbaik, PSD tetap mempunyai beberapa kekurangan. Di antaranya, format file ini mempunyai ukuran yang sangat besar. Hal ini bisa menimbulkan masalah tersendiri apalagi jika kamu harus membuat ratusan lapisan untuk gambar tertentu. Solusinya, kamu bisa menggunakan penyimpanan tambahan untuk mengakomodasi file-file dokumen Photoshop yang dibutuhkan.

Kelebihan Format file PSD

Di balik kekurangannya, PSD juga mempunyai beragam kelebihan yang bisa kamu nikmati. Pertama, format file PSD merupakan format terbaik sebagai file master. Atau jika kamu ingin melakukan pengarsipan ke CD atau hard drive eksternal, file ini cenderung aman dan stabil. Selain itu, kelebihan lain dari PSD adalah kemampuannya untuk dibuka dan diedit kembali pada waktu yang lain.

Tidak peduli berapa kali kamu membuka serta menyimpan file PSD, hasil editan kamu tidak akan hilang baik dari segi layer maupun bentuk lain seperti tambahan teks atau opacity. Keuntungan ini memungkinkan kamu untuk bekerja secara bertahap tanpa perlu mengulangi dari awal pada setiap sesi kerja.

Jika ingin mencetak foto pada dokumen PSD, kamu bisa melakukannya secara langsung melalui Photoshop. Namun kamu perlu memastikan bahwa printer yang digunakan sudah mendukung format tersebut. Jika tidak, maka kamu harus mengkonversi format ke TIFF. Format file TIFF atau TIF adalah Temporary Instruction File Format yang memang biasa digunakan untuk pencetakan.

Keuntungan lain yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan file PSD adalah kemudahan untuk membuka melalui InDesign. Kamu juga bisa melakukan perubahan dan mengupdate susunan gambar atau mengubah tata letak dengan mudah kemudian menyimpannya kembali. Dari pengertian PSD di atas, sekarang kamu tahu berapa bermanfaatnya format file yang satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here