Pengertian RAW Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian RAW Beserta Kelebihan dan Kekurangan
5 (100%) 4 votes

Kamu yang mempunyai hobi fotografi menggunakan kamera digital pasti paham apa itu RAW. Bukan singkatan, RAW merupakan sebuah kata yang diambil dari Bahasa Inggris “raw” yang berarti mentah. Apa maksud dari istilah ini? Ternyata istilah ini merujuk pada kondisi berkas yang menggunakan format RAW. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian format file RAW, simak pembahasan di bawah ini.

pengertian RAW

1Apa itu RAW ?

Sebelumnya telah disebutkan bahwa RAW diambil dari Bahasa Inggris yang bermakna mentah. Maksud dari mentah adalah objek dengan format file RAW memang benar-benar murni dihasilkan dari sensor digital dan sama sekali belum diolah menggunakan software apapun. Inilah alasannya format berkas di sebut sebagai RAW.

Ketika kamu menggunakan kamera digital dan menyetel format file menjadi RAW, maka kamu akan mendapatkan hasil foto yang murni tanpa campur tangan software pengolah gambar bawaan kamera tersebut. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan kualitas gambar yang bagus beserta dengan kualitas pixel yang masih asli.

Namun kamu perlu memahami bahwa menyetel kamera menggunakan format file RAW mungkin akan sedikit merepotkan. Jika dibandingkan dengan pengertian format file JPG yang cenderung sederhana, RAW membutuhkan teknik khusus untuk dapat diolah menjadi format lain. Oleh karena itu, kamu perlu meluangkan sedikit waktu untuk mengolah gambar dengan format RAW.

Hingga saat ini, hanya beberapa kamera model tertentu yang mampu menghasilkan gambar dengan format RAW. Kebanyakan menghasilkan gambar dengan format JPG maupun JPEG. Hal ini dirasa cukup wajar mengingat pengertian format file JPEG serta JPG memang lebih mudah untuk diolah dengan berbagai macam software pengolah gambar.

2Kekurangan File RAW

Format file RAW mempunyai kekurangan yang perlu kamu ketahui. Pertama, format ini membutuhkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan JPG atau JPEG. Karena berkas masih dalam keadaan mentah dan tidak mengalami kompresi, otomatis ukuran file bisa menjadi sangat besar. Hal ini jauh berbeda dari format JPG yang sudah melalui kompresi dan beberapa penyesuaian.

Selain itu, proses editing RAW juga relatif lebih lama. Kamu tidak bisa menggunakan sembarang software karena diperlukan program khusus untuk mengolah format yang satu ini. kamu juga harus mempunyai perangkat komputer dengan spesifikasi yang cukup bagus agar bisa mengakomodasi pengolahan format file RAW.

Tidak hanya proses editing, proses pengambilan gambar menggunakan format RAW juga cukup lama. Jika kamu menyetel kamera dengan format ini, kamu perlu bersabar untuk proses pasca pengambilan gambar. Hal ini sangat berbeda dengan format JPG yang cenderung cepat.

3Kelebihan Format File RAW

Terlepas dari beberapa kekurangan yang dibawa, RAW juga mempunyai beragam kelebihan yang tidak dimiliki oleh format berkas lainnya. Pertama, RAW memungkinkan kamu untuk mendapatkan gambar asli tanpa efek apapun. Ini menjadi keunggulan tersendiri karena kamu tidak akan direpotkan dengan settingan white balance dan lain-lain. Singkatnya, apa yang kamu lihat adalah apa yang akan ditangkap oleh RAW.

Jika kamu sering bermasalah dengan highlight ketika memotret di luar ruangan, format RAW bisa menjadi solusi praktis untuk dipilih. Ketika mengambil gambar pada lokasi dengan intensitas cahaya yang tinggi, kemungkinan hasil gambar akan menjadi putih dan detail menjadi kabur. Lain halnya jika kamu menggunakan format RAW. Kamu bisa mengembalikan detail tersebut menggunakan software khusus.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh RAW adalah perubahan warna. Kamu bisa mengubah pilihan kombinasi warna dengan lebih leluasa untuk mendapatkan hasil gambar terbaik. Setelah mengetahui pengertian format file RAW dan kekurangan serta kelebihannya, kamu bisa menentukan untuk menggunakan format ini atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here