Pengertian RGB Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian RGB Beserta Kelebihan dan Kekurangan
5 (100%) 2 votes

Apa itu RGB ? Apakah Kamu pernah iseng mengutak-atik pengaturan layar ponsel? Atau kamu punya hobi mengedit foto? Jika kamu sering melakukan kedua hal tersebut, tentunya istilah RGB sudah tidak asing lagi di telinga. Namun, apakah kamu paham betul apa yang dimaksud dengan RGB tersebut? Mengetahui pengertian RGB mungkin tidak terlalu penting, namun mengenal dasar mode warna yang satu ini bisa jadi sangat berguna.

pengertian rgb

RGB sering ditafsirkan sebagai hal yang sama dengan CMYK. Padahal keduanya mempunyai pengertian yang berbeda. Pengertian CMYK mengacu pada mode warna yang biasa digunakan dalam dunia desain grafis dan percetakan. Mode warna yang satu ini juga mempunyai berbagai perbedaan lain jika dibandingkan dengan RGB. Inilah seluk beluk RGB yang perlu kamu tahu tentang RGB.

Apa itu RGB ?

rgb cmyk

RGB merupakan model warna yang banyak digunakan dalam perangkat elektronik seperti monitor, layar ponsel, kamera digital, proyektor, maupun LCD. RGB terdiri dari 3 warna utama yaitu Red, Green, dan Blue. Untuk menghasilkan berbagai warna lain, ketiga warna primer tersebut akan dicampurkan. Meskipun demikian, percampuran ketiga warna RGB secara bersamaan bisa menghasilkan warna putih.
Manfaat yang paling utama dari mode warna RGB adalah untuk menampilkan gambar dalam perangkat elektronik. Dalam hal ini, RGB sangat tergantung dari perangkat yang digunakan. Semakin besar elemen warna yang digunakan, maka semakin besar pula nilai RGB yang kamu dapatkan. Saat ini, teknologi semakin canggih sehingga kualitas RGB yang dihasilkan juga semakin baik.

Apa yang membedakan antara CMYK dan RGB? Perbedaan CMYK dan RGB terletak pada fungsi serta mode warna yang digunakan. CMYK banyak dimanfaatkan untuk dunia percetakan serta desain grafis. Hal ini dikarenakan mode CMYK sesuai dengan perangkat mesin cetak. Meskipun proses desain menggunakan RGB, hasil desain perlu diubah menjadi CMYK untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Perbedaan lain terletak pada hasil pencampuran warna pada mode CMYK dan RGB. Warna CMYK yang terdiri dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black akan menghasilkan warna hitam apabila dicampur menjadi satu. Sementara itu, warna RGB yang terdiri dari Red, Green, dan Blue akan menghasilkan warna putih apabila dicampur secara bersamaan.

Jika dibandingkan dengan CMYK, mode RGB mempunyai karakteristik warna yang lebih terang dan jelas, namun mempunyai kapasitas file yang kecil. Hal ini membuat RGB sangat cocok digunakan untuk presentasi atau tampilan visual pada monitor maupun layar perangkat lain.

Kekurangan RGB

Apakah kamu tahu kekurangan yang dimiliki oleh RGB? Meskipun pengertian RGB terlihat begitu menarik, ternyata RGB juga mempunyai kekurangan. Salah satunya adalah pada menurunnya presisi warna jika dikonversi menjadi CMYK. Hal ini dikarenakan mode warna CMYK memang terlihat lebih kusam jika dibandingkan dengan RGB.

Kelebihan RGB

Kabar baiknya, mode RGB juga mempunyai beberapa kelebihan yang layak untuk kamu ketahui. Pertama, RGB merupakan pilihan terbaik untuk berbagai perangkat seperti monitor, LCD, layar ponsel, dan lain sebagainya. Tentu saja ini disebabkan oleh warna RGB yang lebih jelas dan terang jika dibandingkan CMYK. Selain itu, RGB juga mudah untuk dimanipulasi apabila kamu menggunakan photo editor.

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan dari RGB adalah kemudahan untuk dikonversi menjadi CMYK. Kamu tetap bisa menggunakan mode RGB ketika melakukan desain dan kemudian mengubah menjadi CMYK ketika sudah naik cetak. Meskipun demikian, kamu perlu memperhatikan kesesuaian warna antara RGB dan CMYK supaya hasil cetakan tidak terlalu jauh berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here