Pengertian TIFF Atau TIF Beserta Kelebihan Dan Kekurangan

Pengertian TIFF Atau TIF Beserta Kelebihan Dan Kekurangan
beri rating artikel ini

Kamu pernah mendengar TIFF? Istilah ini memang jarang digunakan dalam dunia anak muda kekinian, namun bukan berarti kamu tidak perlu tahu tentang seluk beluk TIFF. Istilah TIFF sendiri merupakan salah satu jenis format file, terutama gambar yang sering digunakan dalam dunia percetakan. Apa sebenarnya pengertian format file TIFF atau TIF?

pengertian TIFF atau TIF

Di antara beberapa format file lainnya, TIF dianggap sebagai format terbaik karena beberapa alasan. Selain memberikan gambar dengan kualitas tinggi, format ini juga mampu mengakomodasi transfer antar platform. Menarik bukan? Daripada penasaran, ada baiknya kamu menyimak pembahasan berikut ini mengenai pengertian, kekurangan, serta kelebihan format file TIF.

Apa itu Format File TIFF atau TIF?

TIFF (Temporary Instruction File Format) didefinisikan sebagai format yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua data dan informasi mengenai gambar. Data dan informasi tersebut biasanya berupa RGB atau CMYK serta koreksi dan manipulasi yang dilakukan pada gambar. Dengan kata lain, kamu bisa menelusuri manipulasi yang telah dilakukan pada sebuah foto jika menggunakan format TIF.

Berdasarkan definisi tersebut, tidak heran jika TIFF atau TIF dinobatkan sebagai salah satu jenis format file terbaik. Dibandingkan dengan format file PSD, TIF memang jauh melampaui format tersebut meskipun PSD juga mampu menyimpan beberapa informasi mengenai layer ataupun channel pada proses editing melalui Adobe Photoshop.

Kembali pada TIF, format ini juga mampu menyimpan gambar berkualitas tinggi hingga 32 bit. Dengan demikian, file yang disimpan dengan format ini biasanya mempunyai kapasitas yang sangat besar namun berkualitas karena tidak dikompres. Tidak heran jika TIFF banyak digunakan dalam dunia percetakan yang memang membutuhkan gambar dengan kualitas tinggi.

Ini hampir sama dengan format file EPS yang juga dikenal sebagai format andalan untuk percetakan. Format ini dapat dikenali oleh hampir seluruh program pra cetak. Selain itu, persamaan yang dimiliki antara TIF dan EPS adalah keduanya mampu menyimpan gambar dengan berbagai mode warna seperti CMYK, RGB, Grayscale, Lab, Duotone, dan Bitmap.

Kekurangan TIFF atau TIF

Sebagai format yang biasa digunakan untuk orientasi publikasi, TIFF mempunyai kekurangan tersendiri. Karena file ini mendukung kualitas yang tinggi, maka kapasitas file yang dihasilkan juga sangat besar. Hal ini menjadi masalah karena dianggap tidak mendukung untuk keperluan sharing maupun preview. Pengguna harus menyediakan ruang penyimpanan yang sangat besar untuk mengakomodasi file TIFF.

Karena masalah besaran kapasitas sering dikeluhkan oleh pengguna, maka diciptakan format JPEG sebagai solusi untuk masalah tersebut. Format JPEG dianggap mampu memenuhi standar pemakaian profesional namun mempunyai kapasitas yang relatif kecil jika dibandingkan dengan TIFF. Hal ini dikarenakan data JPEG melalui proses kompresi.

Kelebihan TIFF atau TIF

Kekurangan TIFF ternyata tidak menyurutkan minat pengguna untuk tetap memakai format file yang satu ini. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh TIF. Tidak hanya mempunyai gambar berkualitas tinggi, TIFF juga bisa digunakan untuk melakukan transfer antar platform seperti Macintosh, PC dan Silicom Graphic. Selain itu, hampir semua program yang bisa membaca format bitmap juga mampu membaca TIFF.

Terlebih lagi, format file TIFF juga dapat dikompresi tanpa mengurangi kualitas gambar. Ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin mendapatkan gambar berkualitas baik namun dengan kapasitas yang tidak sebesar TIFF.
Setelah mengetahui pengertian format file TIFF atau TIF, tidak perlu ragu untuk terus menggunakan format ini. Kamu hanya perlu mempersiapkan kapasitas penyimpanan yang besar agar bisa mengakomodasi berbagai dokumen TIFF yang berkapasitas besar pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here