Ini Dia! Perbedaan Brosur dan Pamflet (lengkap)

Ini Dia! Perbedaan Brosur dan Pamflet (lengkap)
beri rating artikel ini

Brosur dan pamflet menjadi media promosi yang banyak digunakan saat ini. Keduanya berisi gambar dan informasi mengenai suatu produk, jasa, atau apapun yang dipromosikan. Meskipun brosur dan pamflet dianggap sama, ternyata keduanya adalah hal yang berbeda. Bisakah kamu membedakan keduanya? Jika memang berbeda, apa yang menjadi perbedaan brosur dan pamflet?

perbedaan brosur dan pamflet

Sebagai salah satu media promosi yang cukup efektif, brosur dan pamflet ternyata merupakan produk dari desain grafis dan menjadi contoh konkret dari pengertian desain seperti yang diungkapkan oleh para ahli. Dalam pembuatannya, diperlukan keahlian untuk mendesain pamflet dan brosur sehingga menarik dan informatif. Meskipun terlihat serupa, ternyata keduanya mempunyai perbedaan.

Pengertian Brosur dan Pamflet

Untuk mengetahui hal-hal yang membedakan brosur dan pamflet, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui pengertian keduanya.

1Apa itu Brosur ?

Brosur adalah alat promosi yang biasa digunakan oleh perusahaan maupun lembaga untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa. Pada umumnya brosur disebarluaskan oleh tim marketing sebagai upaya promosi. Brosur biasanya terbuat dari kertas berukuran folio atau A4 dan bisa dijilid.

2Apa itu Pamflet ?

Sedangkan pamflet adalah media promosi berupa kembaran kertas yang didesain kemudian dilipat sehingga saling berhubungan. Pamflet biasa didesain menggunakan software grafis desain terbaik demi mendapatkan hasil yang maksimal. Pamflet biasanya tidak mempunyai cover muka dan tidak dijilid. Pamflet mempunyai desain yang menarik sehingga bisa memberi hiburan tersendiri untuk pembaca.

Sebagai media promosi yang cenderung konvensional, brosur dan pamflet mempunyai kekurangan. Selain jangkauan yang kurang luas, keduanya juga memakan biaya yang produksi yang cukup banyak. Proses desain serta pencetakan membutuhkan dana yang besar, namun beberapa orang cenderung membaca sekilas atau bahkan membiarkannya.
Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, nyatanya brosur dan pamflet masih banyak digunakan hingga sekarang.

Perbedaan Brosur dan Pamflet

Berdasarkan pengertian kedua media promosi di atas, bisakah kamu membedakan antara brosur dan pamflet? Di bawah ini adalah perbedaaan antara brosur dan pamflet untuk kamu ketahui.

3Tujuan

Secara umum, baik brosur maupun pamflet digunakan sebagai media promosi. Namun lebih dalam lagi, ternyata kedua media tersebut mempunyai tujuan yang sedikit berbeda. Brosur bisa digunakan sebagai media untuk menawarkan produk dan jasa dari perusahaan tertentu. Brosur mempunyai informasi lebih detail sehingga memudahkan pembaca untuk melakukan follow up apabila tertarik dengan produk tersebut.

Sementara itu, pamflet digunakan sebagai alat komunikasi bisnis. Pamflet bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi, maupun hiburan kepada pembaca. Pamflet juga biasa digunakan untuk mempromosikan pesan-pesan tertentu dari suatu lembaga.

4Cara penyebaran

Dilihat dari cara penyebaran, brosur dibagikan oleh bagian marketing atau sales. Hal ini berkaitan dengan tujuan brosur yaitu sebagai media promosi untuk menawarkan produk barang dan jasa dari perusahaan. Brosur juga biasanya diselipkan dalam surat penjualan untuk memperluas jangkauan.

Berbeda dengan pamflet, media yang satu ini tidak disebarkan oleh bagian marketing namun bagian humas. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh tujuan pamflet sebagai sarana untuk edukasi atau penyampaian informasi kepada masyarakat dan khayalak ramai. Oleh karena itu, biasanya penyebaran dilakukan oleh petugas yang bertanggungjawab dalam bidang humas.

5Desain

Perbedaan brosur dan pamflet yang selanjutnya terletak pada desain. Brosur didesain sedemikian rupa sehingga mampu memberikan informasi dengan cukup jelas kepada para pembaca. Brosur biasanya dilipat menjadi dua atau tiga bagian. Beberapa jenis brosur bahkan dijilid.

Sementara itu pamflet mempunyai bentuk yang menyerupai booklet namun tidak dijilid. Pamflet juga tidak mempunyai cover pada bagian muka. Beberapa jenis pamflet tidak dilipat dan menggunakan selembar kertas yang panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here