Apa Perbedaan CMYK dan RGB ? (Lengkap)

Apa Perbedaan CMYK dan RGB ? (Lengkap)
5 (100%) 5 votes

Anak muda kekinian tidak mungkin jika tidak mengenal istilah CMYK dan RGB. Dua istilah yang sering muncul ketika mengedit foto ini wajib untuk kamu ketahui demi mendapatkan hasil editan yang bagus. Tapi, tahukah kamu perbedaan CMYK dan RGB? Perlu kamu ketahui bahwa kedua hal tersebut tidaklah sama.

perbedaan cmyk dan rgb

Meskipun CMYK dan RGB merupakan mode warna, ada beberapa perbedaan yang mendasar pada kedua mode tersebut. Sebagai contoh, RGB banyak digunakan pada perangkat seperti laptop dan smartphone sedangkan CMYK tidak pernah ditemukan dalam perangkat tersebut. Ingin tahu perbedaan antara CMYK dan RGB? Simak pembahasan berikut ini.

Pengertian CMYK

Ketika berbicara mengenai perbedaan, ada baiknya untuk mengetahui pengertian dari masing-masing mode warna. Pengertian CMYK merujuk pada mode warna yang terdiri dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Perpaduan berbagai warna tersebut mampu menghasilkan beragam warna lainnya. Warna yang dihasilkan juga cenderung tepat dan akurat apabila dicetak pada kertas atau media lain berwarna putih

Kelebihan CMYK adalah kemampuannya untuk menghasilkan warna yang tepat sehingga paling cocok untuk digunakan pada mesin cetak. Selain itu, CMYK juga mampu menghasilkan warna yang jernih apabila dicetak pada permukaan kertas berwarna putih-biru. Sementara itu, warna akan berubah menjadi lembut apabila dicetak pada kertas berwarna putih-krem. Mode CMYK juga mudah untuk dibentuk kembali.

Pengertian RGB

Sementara itu, pengertian RGB bisa dipahami sebagai mode warna yang terdiri dari warna Red, Green, dan Blue yang mampu menghasilkan bermacam-macam warna lainnya dengan kualitas yang jelas dan terang. RGB saat ini banyak digunakan untuk pembuatan berbagai perangkat seperti televisi, kamera, dan perangkat lainnya yang menggunakan layar berwarna.

Kelebihan yang ditawarkan oleh mode RGB adalah kemudahan untuk manipulasi warna, terutama pada proses editing. Kamu juga bisa mengkonversi mode RGB ke CMYK dengan mudah apabila ingin memasuki proses pencetakan. Tidak hanya itu, RGB juga disebut-sebut sebagai pilihan terbaik untuk digunakan pada layar.

Perbedaan CMYK dan RGB

Setelah mengetahui pengertian serta kelebihan masing-masing mode warna, apa yang menjadi perbedaan CMYK dan RGB? Bisa ditarik beberapa kesimpulan mengenai perbedaan antara CMYK dan RGB sebagai berikut:

1Hasil warna

Perbedaan yang pertama adalah pada hasil warna. RGB diketahui mempunyai warna yang lebih terang dan jelas. Sementara itu, CMYK mempunyai warna yang cenderung lebih gelap namun akurat untuk percetakan.

2Fungsi

Perbedaan lain antara CMYK dan RGB adalah mengenai fungsi. RGB banyak digunakan untuk membuat layar dan monitor karena mempunyai tampilan yang lebih cerah. Sedangkan mode warna CMYK banyak digunakan untuk printer maupun mesin percetakan offset. Oleh karena itu, desainer biasanya membuat desain menggunakan mode RGB kemudian dikonversi ke CMYK apabila akan dicetak.

Baca Juga : Kalender Indonesia Vektor

3Tujuan penggunaan

Masih berkenaan dengan fungsi, RGB sering digunakan untuk membuat desain yang nantinya akan dipresentasikan melalui visual seperti proyektor maupun laptop. Hal ini dikarenakan RGB mampu menghasilkan warna dengan lebih maksimal. Sedangkan mode CMYK banyak digunakan untuk desain yang akan melalui proses pencetakan pada mesin offset sehingga hasilnya tidak jauh berbeda dari desain.

4Hasil percampuran warna

Selain itu, perbedaan yang bisa kamu temukan adalah hasil dari percampuran warna. Ketika semua warna RGB (Red, Green, Blue) dicampur menjadi satu, maka akan menghasilkan warna putih. Namun jika kamu mencampur semua warna dari mode CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black), maka warna yang dihasilkan adalah warna hitam atau gelap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here