Perbedaan Optical Zoom Dan Digital Zoom Pada Kamera

Perbedaan Optical Zoom Dan Digital Zoom Pada Kamera
5 (100%) 3 votes

Kamu berencana untuk membeli kamera digital dalam waktu dekat? Faktor apa yang kamu pertimbangkan ketika memilih kamera digital? Selain harga dan merek produk, kamu juga harus mengetahui berbagai fitur yang ditawarkan. Fitur perbesaran (zoom) menjadi hal penting yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya, ada dua jenis perbesaran yang biasa dijumpai pada kamera digital yaitu optical zoom dan digital zoom.

Apa yang membedakan kedua jenis perbesaran tersebut? Jenis perbesaran manakah yang paling baik digunakan demi mendapatkan hasil jepretan yang terbaik? Simak pembahasan berikut ini mengenai perbedaan antara optical dan digital zoom.

Perbedaan Optical Zoom dan Digital Zoom

Perbedaan Optical Zoom dan Digital Zoom

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai optical dan digital zoom, ada baiknya untuk mengetahui pengertian serta karakteristik masing-masing jenis perbesaran. Mulai dari optical zoom, jenis perbesaran yang satu ini juga sering disebut sebagai true zoom. Mengapa disebut true zoom? Hal ini merujuk pada kemampuannya untuk melakukan perbesaran sehingga membuat suatu benda terlihat lebih dekat.

Meskipun menggunakan fitur perbesaran, optical zoom tetap menghasilkan gambar dengan kualitas baik. Ini yang menjadi keunggulan optical zoom jika dibandingkan dengan digital zoom. Kamu bisa mendapatkan gambar yang terlihat dekat tanpa kehilangan kualitas serta resolusi. Kamera yang dilengkapi dengan optical zoom biasanya mempunyai lensa yang mampu bergerak ketika digunakan untuk memperbesar gambar.

Sementara itu, digital zoom merupakan jenis perbesaran yang juga sering digunakan pada berbagai perangkat kamera. Berbeda dengan optical zoom, digital zoom cenderung memperbesar gambar tanpa membuatnya terlihat lebih dekat. Dengan kata lain, perbesaran ini bekerja seperti ketika kamu memperbesar gambar di komputer. Oleh karena itu, kualitas gambar cenderung menurun.

Setelah mengetahui pengertian serta karakteristik masing-masing jenis perbesaran, kini saatnya untuk menguak perbedaan antara optical dan digital zoom.

1Kualitas gambar

Berbicara mengenai kualitas gambar, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui pengertian format file JPG karena kebanyakan kamera digital menggunakan format ini. Optical zoom mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik meskipun melakukan beberapa kali perbesaran. Tidak seperti digital zoom yang membesarkan dengan mengambil porsi gambar, optical zoom masih mempunyai resolusi yang sama.

2Cara kerja

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, optical zoom bekerja dengan cara menggerakkan lensa untuk melakukan perbesaran. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan gambar dengan objek yang terlihat lebih dekat. Kamu akan mendapatkan kualitas gambar yang sangat bagus. Apalagi jika menggunakan format RAW. Cari informasi mengenai pengertian format file RAW untuk mendapatkan hasil jepretan berkualitas.

Sementara itu, digital zoom bekerja dengan cara memperbesar tampilan gambar sehingga ada beberapa bagian yang tidak terambil. Dengan cara ini, objek gambar terlihat lebih besar namun tidak nampak dekat. Karena hal ini pula kualitas gambar menjadi kurang baik apabila dibandingkan dengan optical zoom.

3Penggunaan

Perbedaan optical zoom dan digital zoom yang selanjutnya ada pada penggunaan. Optical zoom sudah banyak digunakan pada kamera digital, meskipun tidak semua kamera digital telah dilengkapi dengan fitur ini. Berbeda dengan digital zoom, jenis perbesaran yang satu ini tidak hanya digunakan pada kamera digital tetapi juga pada perangkat smartphone.

Hingga saat ini kebanyakan ponsel pintar masih harus puas dengan fitur digital zoom. Hanya ponsel jenis tertentu yang sudah dilengkapi dengan optical zoom. Oleh karena itu, tidak perlu heran jika kamu mendapatkan kualitas gambar yang tidak terlalu baik ketika melakukan perbesaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here