8 Perbedaan Vektor dan Bitmap yang Harus Diketahui Desainer Grafis

Perbedaan Vektor dan Bitmap – Ketika menekuni dunia grafis, kamu pasti sering berhadapan dengan vektor dan bitmap. Keduanya merupakan format grafis yang wajib diketahui oleh para desainer. Apakah kamu tahu perbedaan vektor dengan bitmap yang paling mendasar? Masing-masing format mempunyai karakteristik serta kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai keduanya? Simak penjelasan berikut.

perbedaan vektor dan bitmap

Pengertian Vektor dan Bitmap

Ketika merancang sebuah objek grafis, hal paling pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah mengenai format file yang diinginkan. Apakah kamu ingin membuat objek gambar dengan vektor atau bitmap? Untuk menentukan pilihan yang tepat, tentunya kamu harus tahu karakteristik masing-masing format agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa itu Vektor ?

Vektor adalah gambar digital yang tersusun dari titik, garis, maupun lengkung. Gambar tersebut menggunakan perhitungan matematis untuk mendapatkan rancangan yang diinginkan. Salah satu ciri khas dari gambar vektor adalah kemampuannya untuk diperbesar beberapa kali lipat tanpa mengalami pecah atau blur. Hal ini dikarenakan resolusi vektor cenderung mengikuti perbesaran.

Apa itu Bitmap ?

Sementara itu, bitmap atau biasa dikenal sebagai raster merupakan representasi dari citra grafis. Bitmap tersusun atas titik-titik pixel yang dimulai dengan 1 bit data untuk warna hitam atau lebih untuk warna lainnya. Karena tersusun dari pixel, hal ini membuat gambar bitmap cenderung pecah apabila diperbesar beberapa kali.

Artikel Terkait: Apa Itu RGB

Perbedaan Vektor dan Bitmap (Lengkap)

Berdasarkan pengertian vektor dan bitmap, apakah yang membedakan bitmap dan vector graphic? Berikut rangkuman perbedaan antara vektor dan bitmap yang perlu kamu tahu.

Susunan

Perbedaan yang paling mendasar antara vektor dan bitmap adalah mengenai susunan. Sebuah gambar vektor tersusun atas titik, garis, dan lengkung yang dapat disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan. Lain halnya dengan bitmap. Cobalah untuk memeriksa sebuah foto JPG kemudian lakukan perbesaran hingga maksimal. Apa yang kamu lihat?

Tentu kamu akan melihat gambar yang pecah sehingga nampak kotak-kotak kecil. Pengertian format file JPG sebagai bagian dari bitmap tersusun dari pixel-pixel warna. Setiap pixel mempunyai nilai data 1 bit atau lebih untuk warna yang berbeda.

Perbesaran

Faktor perbesaran juga bisa digunakan untuk membedakan gambar vektor dan bitmap. Gambar vektor lebih stabil dan tidak akan pecah ketika diperbesar. Lain halnya dengan bitmap, gambar cenderung pecah apabila mengalami beberapa kali perbesaran. Hal ini dikarenakan bitmap tidak mampu mengikuti resolusi perbesaran.

Resolusi

Faktor lain yang membedakan antara vektor dan bitmap adalah perihal resolusi. Gambar vektor mempunyai resolusi yang fleksibel. Karena hal ini, vektor dapat mendukung perbesaran hingga beberapa kali. Selain tidak pecah, gambar juga tidak mengalami penurunan kualitas.

Sedangkan format bitmap mempunyai resolusi yang tetap. Karena sifat tersebut, gambar dengan format bitmap tidak dapat mengikuti perbesaran sehingga akan terlihat pecah apabila melalui proses zooming.

Artikel Terkait: Pengertian Doodle Art

Pixel

vektor tidak dipengaruhi oleh pixel, sedangkan bitmap dipengaruhi oleh pixel

Format File

* Gambar vektor memiliki format file: AI (untuk Adobe Ilustrator), CDR (Untuk Corel Draw), dll
* Gambar bitmap memiliki format file diantaranya: JPG, JPEG, PNG, GIF, TIFF, dsb, sedangkan

Kegunaan

Bisakah kamu menyebutkan beberapa kegunaan gambar vektor? Ya, format yang satu ini memang seringkali digunakan untuk keperluan desain logo, simbol, maupun ilustrasi karakter. Sedangkan format bitmap cenderung digunakan untuk keperluan fotografi karena mempunyai pilihan warna yang lebih beragam. Tidak hanya itu, bitmap juga menawarkan warna yang lebih jernih.

Ukuran

Perbedaan vektor dengan bitmap yang terakhir adalah mengenai ukuran. Vektor merupakan format yang menawarkan file dengan ukuran kecil. Hal ini mendukung berbagai penggunaan seperti pembuatan logo, desain, maupun ilustrasi. Sementara itu bitmap mempunyai ukuran gambar yang lebih besar. Dengan demikian, format ini cocok untuk keperluan fotografi.

Software Penghasil

* Gambar bitmap biasanya dihasilkan oleh software seperti PHOTOSHOP, PAINT, PHOTOSCAPE, PAINT TOOL SAI, PICSART, MANGA STUDIO, dsb, sedangkan
* Gambar vektor biasanya dihasilkan oleh software seperti ADOBE ILUSTRATOR, COREL DRAW, dsb.

itu tadi artikel tentang Perbedaan Vector dan Bitmap, Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua..

Satu pemikiran pada “8 Perbedaan Vektor dan Bitmap yang Harus Diketahui Desainer Grafis”

Tinggalkan komentar