Software Desain Grafis Terbaik 2019 Yang Paling Terkenal

Software Desain Grafis Terbaik 2019 Yang Paling Terkenal
beri rating artikel ini

Berbicara mengenai software desain grafis, ada begitu banyak pilihan yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain-desain menarik. Software apa yang menjadi favorit kamu? Kebanyakan masyarakat Indonesia masih berkutat pada Corel Draw, Adobe Photoshop, atau Illustrator. Memilih software desain grafis terbaik biasanya disesuaikan dengan karakteristik sang desainer untuk mendapatkan hasil terbaik.

software desain grafis

Setiap software mempunyai ciri khas yang berbeda, termasuk kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Jika kamu sedang mencari software terbaik untuk menunjang aktivitas desain grafis, berikut ini adalah beberapa pilihan terbaik yang layak menjadi rujukan.

Software desain Grafis Terbaik 2019

1CorelDRAW

Perangkat lunak ini masih menjadi favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia karena kegunaan Corel Draw yang cukup beragam. Corel Draw biasa digunakan untuk membuat desain grafis berbasis vektor. Software yang satu ini menawarkan berbagai macam fitur dan dilengkapi dengan tools yang bisa menunjang imajinasi kamu dalam berkreasi. Tidak heran jika Corel mempunyai banyak penggemar.

Selain menawarkan pilihan tools yang beragam, Corel Draw juga terbilang ramah pengguna. Program ini mudah dipahami bahkan oleh pengguna yang masih awam. Karena keunggulannya, Corel Draw banyak digunakan untuk keperluan percetakan seperti pembuatan logo, banner, poster, dan lain sebagainya.

2Adobe Illustrator

Software yang satu ini masih mempunyai hubungan kerabat dengan Adobe Photoshop karena sama-sama dikembangkan oleh Adobe. Berbeda dengan Photoshop, AI bisa digunakan untuk membuat desain grafis berbasis vektor seperti pembuatan ilustrasi karakter, pembuatan logo, banner, sticker, dan masih banyak lagi.

Adobe Illustrator sering dibandingkan dengan Corel Draw karena keduanya merupakan software untuk mengolah gambar berbasis vektor. Meskipun menawarkan fungsi yang hampir sama, Corel dan AI mempunyai karakteristik yang berbeda. Adobe Illustrator menghasilkan file dengan format AI. Cari tahu pengertian format file AI untuk mengenal lebih dekat tentang format yang satu ini.

3Adobe Photoshop

Menduduki peringkat teratas ketiga adalah Adobe Photoshop. Software keluaran Adobe System ini lebih berfokus pada software untuk mengedit foto atau gambar. Meskipun demikian, software ini juga bisa digunakan untuk membuat stiker, logo, banner, dan lain sebagainya. Photoshop dilengkapi dengan beragam fitur menarik dan efek filter untuk membuat hasil editan lebih mantap.

Sama halnya dengan Corel Draw, Adobe Photoshop juga terbilang ramah pengguna. Kamu bisa mempelajari cara kerja Photoshop dengan mudah. Ditambah lagi dengan banyaknya tutorial yang bisa kamu dapatkan di internet, mempelajari Photoshop menjadi semakin mudah. Hingga saat ini, Adobe Photoshop masih menjadi salah satu software terbaik untuk pemula maupun profesional.

4Inkscape

Apakah kamu pernah mendengar nama software yang satu ini? Atau mungkin kamu adalah salah satu penggemar setia Inkscape? Software ini hampir serupa dengan Corel Draw dan Adobe Illustrator karena mendukung pengolahan gambar berbasis vektor. Inkscape juga relatif mudah digunakan serta bersifat open source, yang berarti kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Karena hal ini, Inkscape banyak menjadi rujukan para desainer grafis yang ingin mengekspresikan ide-ide kreatif dalam merancang desain. Tidak hanya itu, Inkscape juga merupakan software yang tergolong ringan sehingga tidak membebani kinerja komputer kamu.

5Macromedia Freehand

Software desain grafis terbaik yang selanjutnya adalah Macromedia Freehand. Perangkat lunak yang satu ini bisa diandalkan untuk membuat rancangan brosur, undangan, banner, dan lain sebagainya. Macromedia Freehand ternyata masih berkerabat dengan Adobe Corporation sehingga tidak heran jika fitur-fitur yang ditawarkan juga mudah dikenali oleh desainer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here