Pengenalan Program Adobe Illustrator (AI) Lengkap

Adobe Illustrator – Kamu sering menggunakan program Adobe Illustrator? Jika iya, tentunya kamu sudah sangat akrab dengan format file yang satu ini. AI sebagai format berkas yang khusus digunakan untuk menyimpan di program Adobe Illustrator seringkali disamakan dengan format PDF. Untuk membedakannya, kamu perlu mengetahui pengertian format file AI terlebih dahulu.

pengertian AI

Adobe Illustrator sendiri merupakan software desain grafis yang cukup banyak digunakan oleh perancang grafis. Software ini sering disandingkan dengan Corel Draw sebagai competitor utama. Kamu pastinya sudah tahu kegunaan CorelDraw, bukan? Ya, software ini memang cukup lazim digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membuat logo, sampul buku serta berbagai ilustrasi lainnya.

Pengertian Format File AI

Untuk mengenal lebih jauh mengenai format file AI, mari kenali dahulu pengertian format berkas yang satu ini. AI merupakan jenis format yang dikhususkan untuk menyimpan file mentah atau file editan melalui Adobe Illustrator. Setelah membuat gambar menggunakan format vector pada program Adobe Illustrator, kamu bisa menyimpannya dengan format AI.

Apa perbedaan format AI dengan PDF? Mungkin kamu bertanya-tanya tentang hal ini karena keduanya memang sama-sama bisa disimpan menggunakan program Adobe. Perlu kamu ketahui bahwa format AI hanya dikhususkan untuk Adobe Illustrator saja, sedangkan PDF merupakan format file yang lebih umum. PDF tetap bisa digunakan melalui Adobe Illustrator, namun hanya untuk pencetakan saja.

Membuat desain grafis menggunakan Adobe Illustrator memang mempunyai keuntungan tersendiri. Selain lebih praktis, ada berbagai fitur yang bisa kamu gunakan demi mendapatkan kualitas gambar yang maksimal.

Ketika menggambar dengan format vector menggunakan Adobe, kamu bisa mendapatkan hasil gambar yang tidak pecah apabila dibesarkan. Lain halnya dengan pengertian JPEG, gambar yang disimpan menggunakan format JPEG pasti akan pecah apabila diperbesar dalam ukuran tertentu. Oleh karena itu, para perancang lebih memilih format AI untuk gambar dengan kualitas yang lebih baik.

Kekurangan AI

Jika kamu menggunakan format file AI, ada kekurangan yang harus kamu ketahui. Dengan memahami kekurangan tersebut, kamu bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada file yang kamu miliki.

Apabila kamu ingin melakukan pencetakan, tidak disarankan untuk menggunakan format file mentahan AI. Alangkah lebih baik jika kamu mengubah format menjadi PDF terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan cetak. Ketika menggunakan format AI, ada kemungkinan desain yang kamu buat tidak muncul karena program percetakan tidak mempunyai font sesuai dengan desain dengan format AI yang kamu buat.

Kelebihan Adobe Illustrator (AI)

Namun kamu tidak perlu kecewa berlebihan pada format AI. Berkas ini juga mempunyai beberapa kelebihan yang patut diacungi jempol. Salah satunya, gambar yang kamu buat melalui Adobe Illustrator kemudian disimpan menggunakan format file AI tidak akan pecah meskipun diperbesar hingga tak terbatas. Tentu saja ini menjadi kabar baik untuk kamu yang gemar menggunakan Adobe Illustrator.

Selain itu, kualitas warna juga tergolong sangat baik. Gambar yang disimpan menggunakan format AI kemudian dicetak mempunyai hasil print out yang tidak jauh berbeda dari warna yang kamu lihat di monitor. Terlebih lagi, format AI juga memungkinkan untuk diintegrasikan dengan aplikasi Adobe yang lainnya.

Berdasarkan pengertian file AI beserta kelebihan serta kekurangannya di atas, kini kamu bisa memahami karakteristik berkas dengan format yang satu ini. Meskipun sering dibanding-bandingkan dengan format pada Corel Draw, nyatanya AI mempunyai kelebihan tersendiri sehingga masih digunakan oleh para perancang grafis hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *